Link Partners

Sasaran dan Tujuan

17 Februari 2012 | Oleh: Administrator

Tujuan yang ingin dicapai  oleh Fakultas  Hukum UNISI adalah  menghasilkan lulusan yang:

  1. Mampu memiliki  kemampuan akademik dan profesional dibidang hukum dengan berlandaskan nilai-nilai Islam.
  2. Mampu berdaya saing  nasional.
  3. Mampu menyebarluaskan ilmu hukum  dan peka terhadap rasa keadilan di tengah-tengah masyarakat.
  4. Mampu mengaplikasikan ilmu hukum sebagai sarana memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan dengan bijaksana dan tetap berdasarkan pada prinsip-prinsip hukum.
  5. Mampu melakukan penelitian hukum yang inovatif sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan ilmu hukum sebagai dasar pertimbangan dalam pembuatan, penerapan dan penegakan hukum.

 

Sasaran Fakultas Hukum UNISI  telah menetapkan 5 (lima) isu strategis yang akan dikerjakan dalam kurun waktu 2008-2012. Kelima isu beserta strategi pencapaian sasaran dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Bidang Tata Kelola. Mewujudkan tata kelola (manajemen dan organisasi) Fakultas melalui terealisasinya Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Tata Pamong, Pendanaan, Sarana dan Prasarana, Kepemimpinan, dan Penjaminan Mutu serta pengefektifan monitoring dan evaluasi.
  2. Bidang pendidikan. Menyelenggaraakan pendidikan tinggi hukum yang berkualitas (mutu) yang berlandaskan pada kemampuan akademik dan profesional dibidang hukum serta menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.
  3. Bidang Penelitian. Menyelenggarakan penelitian hukum dalam upaya menghasilkan penelitian, yang mendukung proses pembelajaran dan pengembangan FH UNISI sebagai penyelenggara pendidikan tinggi hukum di Indonesia dan yang inovatif sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan ilmu hukum sebagai dasar pertimbangan dalam pembuatan, penerapan atau penegakkan hukum.
  4. Bidang Pengabdian Masyarakat. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang fokus pada penyuluhan hukum, bantuan dan konsultasi  hukum cuma-cuma serta Bimtek dan Diklat pengetahuan hukum dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat serta dakwah Islamiyah.
  5. Bidang Relevansi Lulusan. Mewujudkan lulusan berjiwa kreatif, inovatif, mandiri dan memiliki tanggung jawab sehingga tidak menjadi pencari kerja (job-seekers) semata tapi dapat menciptakan pekerjaan (job creators). Untuk mencapai bidang ini disusunlah rencana program sebagai berikut :