Link Partners

Struktur Organisasi

17 Februari 2012 | Oleh: Administrator

Struktur Organisasi, Koordinasi dan Cara Kerja Fakultas/Sekolah Tinggi Gambarkan struktur organisasi Fakultas/Sekolah Tinggi serta tugas/fungsi dari tiap unit yang ada.

Struktur organisasi di fakultas Hukum terdiri dari :

  1. Unsur pimpinan yaitu Dekan dan Pembantu Dekan
  2. Unsur pelaksana akademik yaitu program studi
  3. Unsur Pelaksana Penunjang yaitu Lembaga Bantuan Hukum
  4. Unsur pelaksana administrasi yaitu Kepala Bagian Umum, Akademik, Keuangan dan Kemahasiswaan, Kepala Urusan Akademik dan Kemahasiswaan dan Kepala Urusan Administrasi umum, Keuangan dan Kepegawaian

Organisasi di FH UNISI memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut :

1. DEKAN

  • Menyusun diskripsi pekerjaan, spesifikasi pekerjaandan standar kinerja pekerjaan organisasi fakultas.
  • Menyusun program kerja bidang pendidikan,penelitian,pengabdian kepada masyarakat,membina tenaga edukatif dan non edukatif serta mahasiswa fakultas hukum.
  • Berkordinasi dengan semua program studi untuk menjamin buku mutu pendidikan.
  • menyusun perencanaan dan sistim pembangunan jurusan/prodi, laboraturium, perpustakaan.
  • Berkordinasi dengan dengan jurusan/prodi untuk melakukan akreditasi.
  • Memimpin rapat-rapat di peringkat fakultas dan apabila berhalangan maka dapat di wakilkan.
  • Melakukan kerjasama dan membangun hubungan baik dengan pihak universitas dan fakulatas lainnya di lingkungan UNISI.
  • Memimpin dan menyelenggarakan kegiatan fakultas.
  • Bertanggung jawab terhadap sosialisasi dan implementsi kebijakan-kebijakan universitas pada tingkat fakultas hukum.
  • Mengatur jadwal dan personil apabila di perlukan bekerja diluar jam kerja seharusnya.
  • Mengimplementasikan system manajemen mutu di lingkungan fakultas hukumi.
  • Menyusun dan melaporkan semua kegiatan di tingkat fakultas pada Rektor.

2. PEMBANTU DEKAN BIDANG AKADEMIS, UMUM, KEUANGAN, KERJASAMA DAN KEMAHASISWAAN

  • Menyusun deskripsi pekerjaan, spesifikasi pekerjaan,dan standar kinerja pekerjaan sebagai pembantu dekan dibidang akadmis, perencanaan, umum, keuangan, kerjasama dan kemahasiswaan.
  • Membantu dekan menyusun program kinerja bidang akdemik, perencanaan , umum, keuangan, kerjasama dan kemahasiswaan.
  • Membina tenanga edukatif dan non edukatif serta mahasiswa fakultas hukum.
  • Membantu menyusun perencanaan dan sistem pembangunan jurusan/prodi, laboraturium, perpustakaan.
  • Membantu dekan dan berkordinasi dengan jurusan/prodi untuk melakukan akreditasi.
  • Mewakili dekan memimpin rapat-rapat diperingkat fakultas apabila berhalangan serta mewakili dekan menghadiri rapat peringatan universitas maupun luar universitas.
  • Melakukan kerjasama dengan membangun hubungan baik dengan pihak universitas dan fakultas lain di lingkungan universitas.
  • Membantu dekan memimpin dan menyelenggarakan kegiatan fakultas.
  • Membantu dekan mensosialisasikan dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan universitas pada tingkat fakultas hukum.
  • Mengimplementasikan system manajemen mutu di di langkungan fakultas hukum.
  • Menyusun dan melaporkan semua tugas dan aktifitas bidang akademik, perencanaan, umum, keuangan, kerjasama dan kemahasiswaan ke dekan.
  • Membantu dekan menyusun dan melaporkan semua kegiatan di tingkat-tingkat fakultas kepada Rektor.
  • Membantu menyusun perencanaan dan sistem perencanaan dengan jurusan/prodi, laboratorium dan perpustakaan.
  • Membuat perencanaan, melaksanakan dan evaluasi berhubungan dengan keuangan tingkat fakultas.

3. KEPALA BAGIAN ADM UMUM, AKADEMIK,DAN KEMAHASISWAAN

  • Melaksanakan kegiatan rutin dan pengembangan di urusan administrasi akademik, umum, keuangan dan kerjasama.
  • Mengelola data base administrasi dan kesekretariatan fakultas.
  • Melaksanakan sistem administrasi keuangan.
  • Melaksanakan sistem administrasi umum meliputi urusan rumah tangga,urusan keamanan,pemeliharaan lingkungan,pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana di lingkungan fakultas.
  • Menyiapkan semua data administrasi umum, keuangan dan kerjasama fakultas.
  • Menyusun jawal dan personil diluar jam kerja apa bila di perlukan.
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kerjasama dengan pihak eksternal sesuai tingakatnya.
  • Membuat surat yang di perlukan oleh dekan, pembantu dekan, dosen, pegawai dan mahasiswa.
  • Membantu pimpinan fakultas dalam mempersiapkan rapat di lingkungan fakultas.
  • Menyusun dan melaporkan semua aktifitas urusan administrasi umum kepada dekan.

4. KEPALA URUSAN ADMINISTRASI UMUM, KEUANGAN DAN KEPEGAWAIAN

  • Melaksanakan kegiatan rutin di urusan administrasi umum dan kerjasama dan kerjasama.
  • Mengelola detabese administrasi dan kesekretariatan fakultas.
  • Membantu kepala bagian administrasi umum, keuangan,dan kerjasama melaksanakan administrasi umum meliputi urusan rumah tangga,urusan keamanan, pemeliharaan lingkungan, pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana di lingkungan fakultas.
  • Membantu kepala bagian menyiapkan semua data administrasi umum fakultas.
  • Membantu kepala bagian menyusun jadual dan personil di luar jam kerja apa bila di perlukan.
  • Membantu kepala bagian menerima, mengarsipkan/menyimpan semua data fakultas.
  • Melaksanakan kerjasama dengan pihak eksternal sesuai tingakatnya.
  • Membantu kepala bagian memuat surat yang di perlukan oleh dekan, pembantu dekan,dosen,pegawai dan mahasiswa.
  • Membantu kepala bagian menyusun dan melaporkan semua aktivitas urusan administrasi umum, kerjasama dan kepegawaian dengan pembantu dekan.
  • Melaksanakan sistim akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas dan bank.
  • Menyusun catatan harian mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dan bank.
  • Menyusun daftar gaji, honorarium, pengeluaran pajak, dana pensiun, ZIS,THT dan atau potongan lain.
  • Melaksanakan prosedur/makanisme kerja keuangan meliputi prosedur pembayaran, penerimaan dan pelaporannya.
  • Memproses dan memelihara database keuangan dan pekerjaan.
  • Menyimpan, mengamankan, mempersiapkan pengeluaran dana dan cek dan mengadministrasinya.
  • Mmenyimpan dan mengaman kan surat-surat berharga (depositi, surat obligasi, BPKB fakultas, buku tabungan, polis asuransi dan surat-surat berharga lainnya)
  • Mencocokan saldo kas menurut catatan dan fisik.
  • Menyiapkan data cash opname untuk pengeluaran audit secara berkala.
  • Menyiapkan bahan-bahan laporan keuangan secara priodik.
  • Mengimplementasi kan sistim manajemen mutu di urusan keuangan.
  • Melaporkan semua aktivitas kepada keuangan kepada kepala bagian keuangan.

5. KEPALA URUSAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN

  • Menyusun program kerja dan system pengembangan akademik, perencanaan,dan kemahasiswaan di fakultas.
  • Melaksanakan kegiatan rutin di urusan akademik, perencanaan dan kemahasiswaan.
  • Mengkoordinasikan dan mengelola data base akademik, akreditasi, dan akreditasi akademik.
  • Mengkoordinasikan, perencanaan fakultas (fakultas dan non fisik)
  • Mengkoordinasikan, menyiapkan dan membantu proses akreditasi program sarjana di fakultas.
  • Menyiapkan strategi pengembangan kurikulum, proses belajar mengajar dan dosen.
  • Menyusun pedoman dan pelaksanaan semester serta semester pendek.
  • Menyusun pelaporan bidang akademik ke Kopertis dan Dikti.
  • Mengkoordinasikan dan melaksanakan administrasi wisuda di tingkat fakultas.
  • Mengkoordinasikan dan melaksanakan legalisir dan transkip di tingkat fakultas.
  • Mengkoordinasikan dan melaksanakan penyusunan buku panduan dnan klender akademik tingkat fakultas.
  • Mengendalikan operasional proses blajar mengajar sesuai dengan kebijakan mutu dan sasaran mutu.
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kuliah umum di fakultas.
  • Melaksanakan evaluasi administrasi secara priodik.
  • Mengimplementasikan sistem manajemen mutu di bagian akademik.
  • Membantu kepala bagian akademis, perencanaan dan kemahasiswaan menyusun program kerja.
  • Membantu kepala bagian mengadministrasikan program dan kegiatan penalaran, minat dan bakat serta kesejahteraan mahasiswa dalam hubungan dengan kegiatan mahasiswa yang di laksanakan unit-unit organisasi kemahasiswaan fakultas
  • Membantu kepala bagian mengadministrasikan pemberian izin/rekomendasi kegiatan kemahasiswaan.
  • Melaporkan seluruh aktivitas di bagian akademik dan kemahasiswaan kepada pembantu dekan secara priodik.

6. KETUA PROGRAM STUDI

  • Menyusun program kerja dan sistem pengembangan skademik serta melaksanakan kegiatan rutin dan pengembangkan kegiatan akademik.
  • Mengkoordinasikan dan mengelola database akademik ke tatausaha, pendirian, akreditasi, dan administrasi akademik.
  • Mengkoordinasikan,menyiapkan dan membantu proses pencapaian akreditasi program S1.
  • Menyiapkan strategi perencanaan dan pembangunan kurikulum, proses belajar mengajar dan pengembangan dosen.
  • Mengkoordinasikan dan melaksanakan penyusunan buku panduan.
  • Mengkoordinasikan dan melaksanakan penyusunan jadwal kuliah.
  • Mengendalikan oprasional proses belajar mengajar sesuai dengan kebijakan mutu.
  • Melaporkan semua aktivitas di program studi kepada Pembantu Dekan secara periodik.

7. SEKRETARIS PROGRAM STUDI

  • Membantu ketua program studi menyusun program kerja dan sistem pengembangan akademik serta melaksanakan kegiatan rutin pengembangan akadenik.
  • Mengkoordinasikan dan mengelola database akademik ketatausahaan, pendirian, akreditasi, dan administrasi akademik.
  • Mengkoordinesikan,menyiapkan dan membantu proses pencapaian akreditasi program S1.
  • Membantu ketua program studi menyiapkan strategi perencanaan dan pengembangan kurikulum,proses blajar mengajar dan mengembangkan kompetensi dosen.
  • Membantu ketua program studi di dalam penyusunan buku panduan.
  • Membantu program studi di dalam penyusunan jadwal kuliah.
  • Mengendalikan oprasional proses blajar mengajar sesuai dengnan kebijakan mutu dan sasaran mutu.
  • Melaporkan seluruh aktivitas di program studi secara priodik.

8. KETUA LEMBAGA BANTUAN HUKUM

  • Melakukan koordinasi penyelenggaraan kegiatan di bidang konsultasi dan bantuan hukum.
  • Melakukan koordinasi penyelenggaraan kegiatan di bidang pendidikan kemahiran hukum dan pelatihan hukum mahasiswa dan masyarakat.
  • Membuat kebijakan,menyusun dan melaksanakan program kerja di bidang konsultasi dan bantuan hukum serta penyuluhan hukum bagi masyarakat.
  • Mengatur makanisme kerja dalam bidang konsultasi dan bantuan hukum serta penyuluhan hukum bagi masyarakat.
  • Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengelolaan dan pengembangan laboratorium hukum.
  • Membuat dan melakukan kerja sama dengan pemerintah dan instansi terkait dalam bentuk bantuan hukum, kajian, studi hukum,penelitian, legal drafting,dan lain-lain.
  • Menyusun anggaran kegiatan.
  • Mengupayakan implementasi sistem manejemen mutu di fakultas hukum Universutas Islam Indragiri.