Link Partners

Program Strategis

17 Februari 2012 | Oleh: Administrator

Analisis situasi merupakan gambaran kondisi Fakultas Hukum UNISI yang baru saja berdiri tahun ini.Analisis situasi diperlukan untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan yang dihadapi baik bersumber pada internal maupun eksternal organisasi berdasarkan hasil evaluasi diri. Analisis situasi akan menjadi rujukan dalam penyusunan Kebijakan Dasar dan Rencana Program Strategis sehingga seluruh program dan kegiatan lima tahun yang akan datang mampu menyelesaikan berbagai persoalan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki guna percepatan pencapaian visi sebagai Fakultas Hukum yang Berjaya dan Gemilang 2025 di Indonesia.

Analisis situasi perlu dilakukan pada semua aspek organisasi pembelajaran Fakultas Hukum UNISI. Dalam bab ini akan disajikan hasil analisis situasi dimaksud dalam bentuk isu-isu strategis yang telah diklasifikasikan ke dalam lima bidang yaitu:

  1. Bidang Tata Kelola
  2. Bidang Pendidikan
  3. Bidang Penelitian
  4. Pengabdian Masyarakat.
  5. Bidang Relevansi Lulusan

Berdasarkan hasil analisis situasi dan isu strategis tersebut akan ditentukan fokus strategi yang menjadi prioritas dalam perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan Fakultas Hukum UNISI empat tahun yang akan datang (2008 – 2012).

 

 A.   ISU STRATEGIS

1.  Bidang Tata Kelola

Kapasitas organisasi Fakultas Hukum UNISI dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum ditentukan oleh tata kelola.Tata kelola merupakan kekuatan organisasi untuk menjalankan fungsi dan untuk dapat bersaing baik pada skala lokal dan nasional.

Untuk itu dibidang ini sebagai isu strategis adalah :

  1. Visi, misi, tujuan, strategi dan sasaran pencapaian fakultas
  2. Tata pamong.
  3. Pendanaan
  4. Sarana prasarana
  5. Kepemimpinan
  6. Penjaminan mutu untuk tercapainya akreditasi Program Studi pada tahun 2012.
  7. Daya tampung Mahasiswa
  8. Beasiswa
  9. Kesejahteraan Dosen
  10. Monitoring dan evaluasi kinerja Dosen dan Staf Administrasi

 

2.  Bidang Pendidikan

Penyelenggaraan pendidikan adalah aspek utama yang harus diperhatikan oleh Fakultas Hukum UNISI sebagai institusi penyelenggara Pendidikan Tinggi Hukum. Penyelenggaraan pendidikan diarahkan untuk mencapai baik kualitas proses, ialah penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum yang Berjaya dan Gemilang 2025 di Indonesia dan kualitas hasil ialah lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional dibidang hukum serta menjunjung tinggi nilai-nilai Islam. Hal itu ditentukan oleh situasi dan kondisi dari faktor-faktor kunci, baik pada tahap masukan maupun proses, yang meliputi mahasiswa, sumber daya manusia (Dosen dan Staf Administrasi), kurikulum, proses pembelajaran, suasana akademik, sarana dan prasarana, serta sistem informasi.

Untuk itu dibidang ini sebagai isu strategis adalah :

  1. Mutu pendidikan
  2. Kurikulum yang berorientasi pada visi Fakultas
  3. Kualitas Dosen.
  4. Sarana dan prasarana pendidikan
  5. Sistem penjaminan mutu di Fakultas.
  6. Kegiatan penalaran dan kemahiran hukum bagi Mahasiswa
  7. Pengembangan kepribadian, bakat, minat dan pembinaan diri Mahasiswa misalnya melalui Latihan Kepemimpinan Mahasiswa dan Manajemen Mahasiswa (LKMM)

 

3.  Penelitian

Penyelenggaraan penelitian adalah suatu keniscayaan Fakultas Hukum UNISI sebagai Institusi Perguruan Tinggi.Penelitian memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu hukum dan dalam rangka menjembatani antara normatifitas dan realitas hukum.Kualitas dan kuantitas juga menjadi salah satu variabel yang menentukan pengakuan masyarakat terhadap kualitas dan peran Fakultas Hukum UNISI baik pada skala lokal maupun nasional.Untuk itu Fakultas Hukum mewajibkan kepada Tenaga Pengajar (Dosen) di Fakultas Hukum UNISI melakukan penelitian minimal 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun.Dalam melakukan penelitian setiap Dosen harus memperhatikan kualitas baik dari sisi metodologi, kedalaman, maupun urgensi tema yang diteliti. Penelitian ini membutuhkan dukungan dari Fakultas, baik berupa peningkatan dukungan pendanaan maupun fasilitas lain. Kualitas penelitian ini juga akan meningkatkan kesempatan untuk melakukan penelitian kerja sama dengan institusi lain di dalam dan luar negeri.

Untuk itu dibidang ini sebagai isu strategis adalah :

  1. Metodologi Penelitian Hukum dan Penulisan Hukum Dosen.
  2. Dana penelitian bagi Dosen
  3. Penelitian Dosen baik atas nama lembaga, kelompok maupun mandiri.
  4. Penelitian hukum yang inovatif dan aktual
  5. Publikasi ilmiah hasil penelitian Dosen

 

4.   Pengabdian kepada Masyarakat

Pengabdian kepada masyarakat memiliki tiga arti penting bagi Fakultas Hukum UNISI Pertama, pengabdian masyarakat merupakan wujud tanggung jawab Fakultas Hukum UNISI terhadap kondisi masyarakat, khususnya kondisi hukum.Kedua, pengabdian masyarakat memiliki relevansi dengan penelitian dan pendidikan, sehingga mendekatkan antara ketiganya. Pengabdian masyarakat akan mendekatkan antara dunia pendidikan dan dunia sosial sehingga pendidikan memiliki relevansi dengan realitas kemasyarakatan. Hal ini akan meningkatkan tingkat penerimaan masyarakat terhadap kemampuan lulusan yang dihasilkan. Ketiga, pengabdian masyarakat menjadi salah satu sumber pendapatan untuk pendanaan Fakultas Hukum UNISI.

Untuk itu dibidang ini sebagai isu strategis adalah :

  1. Program Fakultas Hukum di Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa
  2. Penyuluhan hukum
  3. Bantuan hukum dan konsultasi hukum cuma-cuma (prodeo)
  4. Kerjasama pengabdian masyarakat dengan instansi terkait
  5. Bimtek atau Diklat Hukum dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.
  6. Dakwah Islamiyah

 

5.  Bidang Relevansi Lulusan

Bidang ini  ditujukan untuk menciptakan lulusan berjiwa kreatif, inovatif, mandiri dan memiliki tanggung jawab sehingga tidak menjadi pencari kerja (job-seekers) semata tapi dapat menciptakan pekerjaan (job-creators).

 

B.   FOKUS STRATEGI

Berdasarkan pada analisis situasi dan identifikasi isu-isu strategis diatas, fokus strategi Fakultas Hukum UNISI 2008 - 2012 adalah :

  1. Mewujudkan tata kelola (manajemen dan organisasi) Fakultas melalui terealisasinya Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Tata Pamong, Pendanaan, Sarana dan Prasarana, Kepemimpinan, dan Penjaminan Mutu serta pengefektifan monitoring dan evaluasi.
  2. Menyelenggaraakan Pendidikan Tinggi Hukum yang berkualitas (mutu) yang berlandaskan pada kemampuan akademik dan profesional dibidang hukum serta menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.
  3. Menyelenggarakan penelitian hukum dalam upaya menghasilkan penelitian, yang mendukung proses pembelajaran dan pengembangan Fakultas Hukum UNISI sebagai penyelenggara pendidikan tinggi hukum di Indonesia dan yang inovatif sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan Ilmu Hukum sebagai dasar pertimbangan dalam pembuatan, penerapan atau penegakkan hukum.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang fokus pada penyuluhan hukum, bantuan dan konsultasi  hukum cuma-cuma serta Bimtek dan Diklat pengetahuan hukum dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat serta dakwah Islamiyah.
  5. Mewujudkan lulusan berjiwa kreatif, inovatif, mandiri dan memiliki tanggung jawab sehingga tidak menjadi pencari kerja (job-seekers) semata tapi dapat menciptakan pekerjaan (job-creators).